PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BANK SYARIAH MELALUI PENDEKATAN MODERASI BERAGAMA
Keywords:
ekonomi syariah, moderasi beragama, ekonomi keadilanAbstract
Indonesia merupakan negara dengan potensi ekonomi syariah yang besar. Tujuan pembangunan nasional berorientasi pada terciptanya masyarakat adil dan makmur. Tujuan ini dapat dicapai oleh sistem perbankan yang berlandaskan prinsip syariah. Meski memiliki potensi besar, namun masyarakat Indonesia Indonesia belum memiliki literasi yang cukup tentang perbankan syariah, Moderasi beragama diperlukan dalam proses edukasi masyarakat agar literasi yang dihasilkan memberikan dampak positif. Konsep dan praktek perbankan syariah masih memerlukan pengembangan dan tidak luput dari kekurangan yang menjadikannya tidak sepenuhnya sesuai dengan syariat Islam, Masyarakat dengan literasi perbankan syariah yang baik akan bersikap secara moderat yakni menerima berbagai kekurangannya dengan tetap berusaha untuk mendorong ke arah yang lebih baik dari kesesuaiannya dengan syariat Islam dan sisi eksistensinya dalam perekonomian.
References
Prayoga, Dwi. (2021). Kesadaran Masyarakat Desa Menggunakan Bank Syariah Mendorong Moderasi Beragama di Indonesia. Kompasiana. Moderasi Beragama di Indonesia. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/dwiprayoga/61959e74c26b774bbc001322/opini-kesadaran-masyarakat-desa-menggunakan-bank-syariah-mendorong-moderasi-beragama-di-indonesia
Hafizd, Jefik Zulfikar. (2022). Pentingnya edukasi ekonomi syariah berbasis moderasi beragama kepada masyarakat bagi terwujudnya keadilan ekonomi di Indonesia. Jurnal studi sosial keagamaan. https://www.syekhnurjati.ac.id/sejati/index.php/sejati/article/download/10
Prasasti, Rizal. (2020). "Pengaruh pengetahuan dan pelayanan terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderasi". UNNES
Gustati, Dian R., dan Reni E. S. (2023). "Literasi keuangan syariah sebagai remoderasi religiusitas dalam mempengaruhi minat menggunakan produk keuangan syariah". Jurnal Politeknik Caltex Riau . Vol. 16, No. 1. ISSN: 2085-0751. Politeknik Negeri Padang. Hal 100-109.
Akmalia, Riska. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Banjarmasin A. Yani 1 Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam. https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jakb/article/view/5946/2082
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nabila Maydina M.A Farotul Jannah, Rahma Zelika Putri, Nur Kholifah, Dewi Nurul Alfianah, Tika Prassetia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.